Sabtu, 07 Januari 2012

pengenalan visual basic

VISUAL BASIC 6.0

A.   MENGENAL VISUAL BASIC (VB)
Visual Basic adalah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemograman adalah perintah – perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas – tugas tertentu. Bahasa pemograman Visual Basic, yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu bahasa pemrograman BASIC (Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan pada era 1950-an. Visual Basic merupakan salah satu Development Total yaitu alat bantu unutk membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).

-         Mengenal Integrated Development Environment (IDE) VB 6.0
Aktifkan VB 6.0 melalui tombol Start – Program – Microsoft Visual Studio 6.0 >. Tunggulah beberapa saat hingga saat muncul tampilan berikut :

      










Pilih Standard EXE dan klik tombol Open. Anda akan melihat tampilan area kerja atau IDE VB 6.0. Bagian – bagian utama di dalam IDE VB 6.0, dapat Anda lihat sebagai berikut ini :

















Line Callout 2: 6


Line Callout 2: 4




Line Callout 2: 7

Line Callout 2: 3




Line Callout 2: 5















Keterangan :
  1. Menu Bar
Menu Bar merupakan kumpulan perintah-perintah yang dikelompokan dalam kriteria operasinya.
  1. Toolbar
Toolbar merupakan sekumpulan tombol yang mewakili suatu perintah tertentu pada Visual Basic. Contoh: mebuka project, menyimpan project, menjalankan project, dan sebagainya.
  1. Toolbox
Toolbox merupakan sebuah jendela dimana obyek atau kontrol ditempatkan yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program, dengan cara dipasang pada form.
  1. Form Window
Form Window (jendela form) merupakan area kerja dimana Anda akan merancang suatu program aplikasi Visual Basic.
  1. Code Window
Code Window merupakan area dimana Anda dapat menuliskan kode-kode program Visual Basic.
  1. Project Explorer
Project Explorer merupakan area yang berisi semua file program aplikasi Visual Basic.
  1. Properties Window
Window ini berisi semua informasi mengenai kontrol (obyek) yang dibuat, dan bertugas menyiapkan segala properti dari kontrol yang diperlukan dalam perancangan user interface maupun program.

-          Memahami Istilah Object, Property, Method dan Event
Dalam pemrograman berbasis obyek (OOP), anda perlu memahami istilah object, property, method dan event sebagai berikut :
Object : komponen di dalam sebuah program
Property : karakteristik yang dimiliki object
Method : aksi yang dapat dilakukan oleh object
Event : kejadian yang dapat dialami oleh object
Sebagai ilustrasi anda dapat menganggap sebuah mobil sebagai obyek yang memiliki property, method dan event. Perhatikan gambar berikut :


Tabel Toolbox
·         Pointer bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.
·         PictureBox adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.
·         Label adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai.
·         TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.
·         Frame adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya.
·         CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.
·         CheckBox digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false.
·         OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
·         ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).
·         ComboBox merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan.
·         HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.
·         Timer digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual.
·         DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.
·         Shape dan Line digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.
·         Image berfungsi menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox
·         Data digunakan untuk data binding
·         OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.



Komponen – komponen Tambahan yang digunakan
Komponen adalah tools yang digunakan untuk membuat beberapa tampilan dan melengkapi fungsi agar suatu aplikasi bisa berjalan. Cara menambahkan komponen tersebut adalah dengan menekan CTRL + T atau pada menu bar pilih project, lalu pilih components.
Komponen – komponen dasar yang digunakan data membangun aplikasi ini tidaklah banyak. Komponen – komponen tersebut adalah sebagai berikut:
1.      LV Button
LV Button disini adalh berfungsi sebagai pengganti command button. Kelebihan LV Button disin adalah tampilannya bisa kita rubah menjadi seperti tampilan Windows XP.
2.      Microsoft Common Dialog Control 6.0
Komponen ini digunakan untuk membuka suatu object.
3.      Microsoft Hierarchical Fle Grid Control 6.0
Komponen ini digunakan untuk membuat grid pada beberapa form yang akan kita buat nanti.
4.      Microsoft Windows Common Control 6.0
Dalam komponen ini ada beberapa Toolbox, tetapi yang kita gunakan hanya dua yaitu statur bar dan progress bar.

B.     PROGRAM SEDERHANA VB
Pada bagian ini, kita akan coba membuat sebuah program sederhana vb seperti pada tampilan dibawah, yaitu menghitung nilai rata-rata dan keterangannya, serta menggunakan command button.
Langkah – langkahnya:
1.      Jalankan Visual Basic dalam Standard EXE.
2.      Klik kontrol Label dalam toolbox, kemudian tempatkan pointer mouse di atas form seperti pada gambar dibawah.
3.      Ulangi lagi untuk Label2, Label3, dan Label4.
4.      Klik kontrol Textbox  dalam toolbox, kemudian tempatkan pointer mouse di atas form seperti pada gambar dibawah.
5.      Ulangi lagi untuk Textbox2, Textbox3, dan Textbox4.
6.      Klik kontrol Command Button dam toolbox, kemudian tempatkan pointer mouse di atas form seperti pada gambar dibawah.
7.      Ulangi lagi untuk Command Button2 dan Command Button3.

Form:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar