Rabu, 27 Juni 2012

Tugas ke3
1. Berasal dari manakah pembiayaan dalam melakukan usaha baru ?
Jawab :
a. Dana Sendiri ( berupa dana yang diperoleh dari sang pemilik perusahaan )
b. Dana Pinjaman ( berupa dana yang diperoleh dari modal lain / asing )
c. Dana Gabungan Usaha ( berupa dana gabungan antara modal sendiri dengan orang / perusahaan lain)

2. Apa sajakah masalah-masalah dalam pencarian modal yang terjadi pada wirausahaan ?
Jawab :yaitu,,
a. Kurangnya pengalaman serta keseriusan dalam menjalankan suatu usaha
b. Kurangnya hubungan antara para sumber modal
c. Adanya kinerja atau konsep perusahaan yang meragukan
d. Adanya masalah perusahaan yang kurang serius dalam menindaklanjuti

3.  Apa yang menentukan hubungan finansial perusahaan ?
Jawab : Penentuan hubuangan financial perusahaan dilakukan dengan Penentuan kebutuhan kas untuk memulai usaha. Pendekatan pendapatan, mengembangkan jumlah modal yang diperlukan untuk menghasilkan sejumlah tertentu  pendapatan tahunan. Pendekatan tingkat sewa, menentukan jumlah penjualan dan kemudian modal yang dibutuhkan untuk mendukung sewa yang dimaksud. Pendekatan kas yang tersedia, dimulai dengan jumlah modal yang dimaksud untuk menentukan pendapatan yang mungkin dari penggunaan yang efisien.

4.  Apa yang menentukan penetapan kelayakan dalam usaha baru ?
Jawab : dalam memulai usaha baru untuk menentukan penetapan analisis kelayakan, yaitu :
a. Berupa produk baru atau jasa yang dapat dijual
b. Biaya yang dikeluarkan serta mampukah produk atau jasa tersebut mampu memperoleh laba
c. Dana telah dikeluarkan didalam memulai usaha baru dan juga yang mengalami kebangkrutan dalam satu atau dua tahun. Jadi kesimpulan dari diatas salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan usaha baru adalah kendali wirausaha itu sendiri.

5.  Sebutkan analisa teknis dalam suatu usaha !
Jawab : Dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis ada 2 langkah yang harus dilakukan, yaitu :
a. Identifikasi spesifikasi teknis penting : persyaratan teknis yang harus dimiliki oleh peluang usaha baru antara lain :   daya tarik penampilan produk. produk mudah di modifikasi sesuai dengan perubahan teknologi, permintaan konsumen dan perkembangan pesaing, daya tahan dari bahan baku produk, mudah di produksi, dan biaya rendah
b. Uji coba produk atau jasa untuk menemukan apakah ia memenuhi spesifikasi kinerja : setelah produk di analisis secara teknis perlu dilakukan uji coba produk dalam rangka untuk memperoleh jaminan bahwa produk atau jasa tersebut dapat memenuhi permintaan konsumen.

6. Sebutkan penilaian kemampuan organisasi !
Jawab : Kemampuan organisasi dapat dinilai dari :
a. Penentuan kebutuhan personalia dan perencanaan struktur organisasi awal.
Langkah pertama dalam penentuan kebutuhan personalia adalah analisis kebutuhan tenaga kerja dan berbagai aktivitas yang perlu dilakukan. Langkah kedua adalah pengelompokkan aktivitas tersebut ke dalam seperangkat tugas yang bisa ditangani individu secara efektif. Langkah tiga adalah dari berbagai tugas dikategorikan untuk membentuk dasar dari struktur organisasi.
b. Perbandingan kebutuhan dan ketersediaan personalia
Pada langkah ini perlu dilakukan membandingan personalia yang dibutuhkan dan orang-orang yang berkualitas yang tersedia bagi usaha baru.

7. Sebutkan analisa persaingan dalam wirausaha !
Jawab :  
- Persaingan langsung dari produk atau jasa yang identik dengan produk perusahaan itu pada pasar yang sama Tekanan tidak langsung dari barang subtitusi Pendekatan pragmatis untuk menganalisa tekanan persaingan dipusatkan pada tiga tugas Identifikasi pesaing besar potensial
- Identifikasi berbagai strategi dan taktik yang digunakan pesaing dan dampak potensialnya terhadap operasi ventura yang direncanakan
- Identifikasi keuntungan persaingan tertentu dari ventura yang direncanakan dan pengembangan strategi yang didasarkan pada penekanan pada keuntungan tersebut.

8. Apa yang dimaksud dengan Waralaba ?
Jawab :
Waralaba Frinchise adalah hak suatu produk yang dimiliki perusahaan untuk melakukan bisnis dengan merek, nama sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Resiko yang terdapat pada Waralaba Franchise diantaranya jika terjadi penyalahgunaan terhadap merek, nama, atau yang lainnya berkaitan dengan perusahaan tersebut maka akan merugikan penghasilan penjualan produknya.Syarat melakukan Waralaba Franchise ( Permendag No. 31/2008 tentang Tatacara Penerbitan Surat Tanda Usaha Waralaba), yaitu :
a. Memilki ciri khas usaha misalnya merek, bahan baku , cara penyajian dan sebagainya.
b. Perusahaan harus membukukan keuntungan selama minimal 2 tahun
c. Wajib memilki standar operasi pelayanan (SOP) atas barang atau jasa yang ditawarkan
d. SOP tersebut harus mudah diajarkan dan diaplikasikan
e. Harus memperhatikan adanya kesinambungan usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar